🌹 Allaahumma Balighnaa Ramadhan 🌹

Alhamdulillaahi Rabbil ‘alamiin -segala puji bagi Allah, Rabb seluruh alam-. Ramadhan bagiku adalah satu dari sekian banyak nikmat dan rahmat Allah yang tak terhitung jumlahnya, di mana nikmat terbesar Allah adalah surga-Nya dan tidak ada kenikmatan dari kenikmatan atasnya selain memandang wajah Allah di surga kelak. Firman Allah:

Mereka di dalamnya (surga) memperoleh apa yang mereka kehendaki; dan pada sisi Kami (ada) tambahannya (melihat wajah Allah Ta’ala) ” (QS Qaaf:35).

Semoga aku dan kamu serta kaum muslimin semua, Allah beri kesempatan untuk merasakan nikmat tersebut, aamiin in syaa Allah.

 

Selanjutnya, bila aku diminta untuk menghitung dan menjabarkan nikmat Allah yang lain, tentulah aku tak akan mampu sebab Allah telah mengabarkan:
Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nahl: 18).

 

Tapi, bila disebutkan satu dari sekian nikmat Allah, maka satu di antaranya adalah bulan Ramadhan. Bulan di mana Rasulullah dan para sahabat dahulu sangat menantikannya dan berdoa agar diberi kesempatan untuk bertemu dengan ramadhan. Rasulullah berdoa:
Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta pertemukanlah kami dengan Ramadhan.”

 

Bagiku, Ramadhan adalah nikmat dan rahmat Allah..

 

Mengapa???

 

Telah masyhur khobar dari Allah dan rasulNya tentang kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan. Yang mana semua itu berujung pada satu kesimpulan, yaitu nikmat. Lalu, apa saja nikmat yang terhimpun pada bulan Ramadhan? Di antaranya adalah:

 

💐 Bulan diturunkannya Al-Quran ➡ Al-Quran adalah kalam Allah yang mulia. Dengannya manusia diperintahkan untuk berpegang teguh dan memberikan petunjuk pada jalan yang lurus. Maka, ini adalah nikmat yang Allah turunkan pada manusia agar terhindar dari kesesatan.

 

💐 Syaithan dibelenggu, pintu neraka ditutup, dan dibukanya pintu surga ➡ Ini merupakan nikmat Allah, yang memberikan kemudahan bagi manusia untuk beribadah dan beramal sholeh dan berkurangnya syaithan yang membisikkan rayuan untuk berbuat maksiat.

 

💐 Terdapat lailatul qadr ➡ 10 malam terakhir di bulan Ramadhan yang Allah berkahi, di mana malam tersebut lebih baik daripada seribu bulan.

 

💐 Waktu dikabulkannya doa ➡ Adalah suatu nikmat apabila Allah mengabulkan doa kita. Dan bulan Ramadhan adalah salah satu waktu mustajab untuk dikabulkannya doa. Tapi saat Allah belum mengabulkan sebuah doa, maka bukan berarti Allah mengabaikannya. Wallahi, pada saat tersebut Allah memiliki rencana lain yang pastinya itu lebih baik dari apa yang kita harapkan.

 

💐 Pahala yang dilipatgandakan ➡ Allah telah mengabarkan bahwa di bulan Ramadhan pahala-pahala akan dilipatgandakan. Pahala ibadah yang wajib menjadi berlipat dan pahala ibadah sunnah setara dengan pahala ibadah wajib. Bila diqiyaskan, saat Ramadhan Allah sedang memberikan diskon pahala. Siapa yang tidak suka diskon? Pertanyaan retoris, karena kurasa tak ada yang tidak suka diskon, semua menyukainya. Diskon di mall saja diserbu, jadi diskon pahala di bulan Ramadhan harus lebih semangat lagi diserbu.

 

💐 Bulan tarbiyah ➡ Ramadhan adalah bulan yang mendidik manusia untuk lebih bertaqwa pada Allah. Allah memberikan nikmat satu bulan penuh untuk bertaqarrub dan menambah kecintaan padaNya. Bulan yang akan melatih muslimin agar terus beribadah pada Allah dan istiqomah dalam beribadah pada bulan-bulan berikutnya.

 

Itulah segelintir nikmat saat Ramadhan. Sebagai seorang muslim yang beriman, maka seyogyanya mensyukuri segala yang Allah berikan pada kita. Ingatlah janji Allah yang akan menambah nikmatNya pada orang yang bersyukur:

Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih ” (Qs. Ibrahim: 7).

 

Rasa syukur tersebut dapat diwujudkan dengan mempersembahkan ibadah dan amalan yang ikhlas kepada Allah. Beribadah dengan sungguh-sungguh seolah-olah ini adalah ibadah terakhir kita. Juga, tumbuhkan ihsan di dalam hati. Tumbuhkan rasa seolah-olah Allah sedang melihat kita, sehingga ibadah kita khusyu' dan kita takut untuk berbuat maksiat.

 

Itulah Ramadhan. Bulan penuh kenikmatan dan perwujudan rasa syukur..

 

Dan ketika telah mengetahui kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan, maka nikmat Allah mana yang kamu dustakan???

 

Mari berdoa agar aku, kamu, dan kaum muslimin semuanya Allah berikan nikmat untuk bertemu dengan Ramadhan. Yuk berdoa dengan doa yang Rasulullaah ajarkan:

ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺑﺎﺭﻙ ﻟﻨﺎ ﻓﻲ ﺭﺟﺐ ﻭﺷﻌﺒﺎﻥ ﻭﺑﻠﻐﻨﺎ ﺭﻣﻀﺎﻥ

Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta pertemukanlah kami dengan Ramadhan.”

 

IMG-20170507-WA0003

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s