✿ Bedakan antara Memboikot dan Tidak Memaafkan ✿

aisyah

Manusia itu tidak sempurna, yang terkadang ia bisa melakukan suatu kesalahan. Dan sebagai insan yang dhoif, pasti kita pernah merasa kecewa atas sikap dan kesalahan teman, saudara, tetangga, ataupun keluarga kita tersebut.

Bila sikap tersebut telah nampak, maka tidak ada larangan untuk kita kecewa, atau bahkan tidak bisa memaafkan. Tapi tidak memaafkan bukan berarti memboikot. Meskipun memaafkan itu sulit, meskipun rasa kecewa itu tidak mudah untuk dihilangkan, tapi kita tidak boleh mengabaikan hak-hak seorang muslim.

Lalu, apa yang termasuk hak-hak orang muslim?

Hak-hak sesama muslim yang harus dipenuhi yaitu contohnya: memberi salam, merespon pembicaraan, bertegur sapa, membantu orang yang butuh pertolongan, mengundangnya dalam acara yang kita adakan, silaturahim, mengurus jenazahnya, dan lainnya.

Karena seringkali ketika seseorang kecewa dengan orang lain, maka komunikasi antara mereka terputus seketika itu juga. Jangankan untuk saling berbincang, bertegur sapa saja merasa enggan.

Padahal seorang muslim dianjurkan untuk bersikap objektif dan adil. Rasa kecewa dan sikap tidak memaafkan bukan alasan untuk seseorang menghajr orang lain.

Allah bersabda dalam QS Al-Maidah: 8, “Wahai orang-orang beriman, jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah, ketika menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah. Karena adil itu lebih dekat kepada taqwa…”

Karena itu, bedakan antara memboikot dan tidak memaafkan. Bila seseorang belum bisa memaafkan orang lain, maka jangan hilangkan haknya sebagai seorang muslim.

Selain itu, janganlah rasa kecewa tersebut menghapuskan kebaikan-kebaikan dalam diri seseorang. Dan, yang terbaik di antara mereka adalah yang lebih dulu memulai komunikasi.

* Faedah kajian kitab “Ensiklopedi Adab Islam” *

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s