ETIKA PROFESI

A. PENGERTIAN ETIKA

Etika dapat didefinisikan secara luas sebagai seperangkat prinsip-prinsip moral atau nilai-nilai Masing-masing kita memiliki seperangkat nilai meskipun kita mungkin belum meyakininya secara nyata. Para filsuf, organisasi keagamaan, dan kelompok-kelompok lainnya telah mendefinisikan etika dalam berbagai prinsip-prinsip moral atau nilai-nilai yang ideal.

Merupakan hal umum bila setiap orang memiliki perbedaan dalam prinsip moral dan nilai serta kepentingan relative yang terkait dengan prinsip-prinsip tersebut. Perbedaan ini merupakan gambaran dari pengalaman hidup, kesuksesan dan kegagalan, serta pengaruh dari orang tua, guru, dan teman-teman.

  • Kebutuhan akan etika

Perilaku beretika merupakan hal yang penting bagi masyarakat agar kehidupan berjalan dengan tertib. Hal ini sangat beralasan karena etika merupakan perekat untuk menyatukan masyarakat. Bayangkan apa yang terjadi bila kita tidak dapat mempercayai orang lain yang berhubungan dengan kita untuk berlaku jujur jika para orang tua, guru, karyawan, saudara kandung, rekan kerja, dan teman kita terus menerus berbohong maka hampir tidak mungkin kita dapat melakukan komunikasi yang efektif.

 

  • Mengapa orang-orang berlaku tidak etis

Kebanyakan orang mendefinisikan perilaku tidak etis sebagai perilaku yang menyimpang dari pada mereka yakini sebagai perilaku yang patut dalam lingkungan mereka. masing-masing menentukan bagi diri sendiri mana yang merupakan perilaku tidak etis, baik terhadap diri sendiri maupun orang lain. Dengan demikian, penting untuk memahami apa yang menyebabkan orang-orang berperilaku tidak etis. Ada dua alasan utama yang menjadi penyebab orang berperilaku tidak etis. Kedua alasan tersebut adalah standar etika orang tersebut berbeda dari etika masyarakat secara umum, atau orang tersebut memilih untuk berlaku egois. Sering kali, keduanya muncul menjadi penyebab perilaku tidak etis.

  • Standar etika seseorang berbeda dari masyarakat umum

Banyak contoh perilaku menyimpang, misalnya ketika orang yang tidak jujur dalam melaporkan pajak mereka, memperlakukan orang lain tidak baik, berbohong ketika melamar pekerjaan, atau karyawan yang tidak menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, yang pada umumnya mayoritas orang akan menganggap hal tersebut sebagai perilaku tidak etis. Jika orang lain yang memutuskan bahwa perilaku tersebut merupakan perilaku yang etis dan dapat diterima, maka hal ini menandakan adanya konflik nilai-nilai etika yang perlu ditangani.

 

  • Orang yang memilih untuk berlaku egois

Sebagian besar perilaku tidak etis adalah hasil dari sikap yang egois. Skandal-skandal politik berasal dari keinginan untuk memiliki kekuatan politik, kecurangan dalam melaporkan pajak dan pelaporan biaya didorong oleh keserakahan finansial, melakukan pekerjaan di bawah standar kemampuan yang dimiliki dan berlaku curang ketika mengikuti ujian biasanya muncul karena kemalasan. Orang yang melakukan perbuatan tidak etis tersebut mengetahui bahwa perbuatannya menyimpang, namun ia memeilih untuk melakukan penyimpangan tersebut karena diperlukan pengorbanan pribadi untuk bertindak sesuai dengan etika.

B. DILEMA ETIKA

Dilema etika adalah situasi yang dihadapi seseorang di mana keputusan mengenai perilaku yang patut dibuat.

Para auditor, akuntan dan pebisnis lainnya, mengahdapi banyak dilemma etika dalam karir bisnis mereka. Terlibat dengan klien yang mengancam akan mencari auditor baru jika tidak diberikan opini unqualified akan menimbulkan dilema apakah akan menentang supervisor yang telah merekayasa pendapatan divisi sebagai cara untuk memperoleh bonus yang lebih besar merupakan sebuah dilemma etika. Meneruskan untuk menjadi bagian dari manajemen perusahaan yang mengganggu dan tidak memperlakukan karyawannya dengan baik atau berlaku tidak jujur terhadap pelanggannya merupakan dilemma etika, terlebih bila orang tersebut memiliki keluarga yang harus ia nafkahi dan persaingan dalam mendapatkan pekerjaan sangat tinggi.

  • Pembenaran atas perilaku tidak etis

Berikut ini adalah metode rasionalisasi yang biasanya digunakan bagi perilaku tidak beretika:

  • Semua orang melakukannya. Argumentasi yang mendukung penyalahgunaan pelaporan pajak, pelaporan pengadaan barang/jasa biasanya didasarkan pada rasionalisasi bahwa semua orang melakukan hal yang sama, oleh karena itu dapat diterima.
  • Jika itu legal, maka itu beretika. Menggunakan argumentasi bahwa semua perilaku legal adalah beretika sangat berhubungan dengan ketepatan hukum. Dengan pemikiran ini, tidak ada kewajiban menuntut kerugian yang telah dilakukan seseorang.
  • Kemungkinan ketahuan dan konsekuensinya. Pemikiran ini bergantung pada evaluasi hasil temuan seseorang. Umumnya, seseorang akanmemberikan hukuman (konsekuensi) pada temuan tersebut.

 

  • Menyelesaikan dilema etika

Pendekatan enam langkah berikut ini merupakan pendekatan sederhana untuk memecahkan dilema etika:

  1. Dapatkan fakta-fakta yang relevan
  2. Identifikasi isu-isu etika dari fakta-fakta yang ada
  3. Tentukan siapa dan bagaimana orang atau kelompok yang dipengaruhi oleh dilema etika
  4. Identifikasi alternatif yang tersedia bagi orang yang memecahkan dilema etika
  5. Identifikasi konsekuensi yang mungkin timbul dari setiap alternatif
  6. Tetapkan tindakan yang tepat.
  • Konsekuensi dari Setiap Alternatif

Sangat penting untuk mengevaluasi dampak jangka panjang dan pendek. Terdapat kecenderungan normal untuk memilih pada tujuan jangka pendek karena konsekuensinya akan dirasakan dalamjangka waktu yang dekat.

  • Tindakan yang Tepat

Diputuskan setelah mempertimbangkan nilai-nilai etikanya dan kemungkinan dampak dari masing-masing pilihan keputusan tersebut.

C. KEBUTUHAN KHUSUS TERHADAP KODE ETIK PROFESI

Para profesional diharapkan memiliki kepatutan dalan berperilaku yang lebih tinggi dibandingkan dengan kebanyakan orang pada umumnya. Istilah professional berarti tanggung jawab untuk berperilaku lebih dari sekadar memenuhi tanggung jawab secara individu dan ketentuan dalam peraturan dan hokum di masyarakat. Seorang akuntan publik, sebagai seorang professional, harus menyadari adanya tanggung jawab pada publik, pada klien, dan pada sesama rekan praktisi, termasuk perilaku yang terhormat, bahkan jika hal tersebut berarti harus melakukan pengorbanan atas kepentingan pribadi.

Alasan adanya harapan yang begitu tinggi pada penerapan etika bagi para professional adalah kebutuhan akan kepercayaan publik dalam kualitas pelayanan yang diberikan oleh professional tersebut, bagaimanapun individu-individu yang memberikan jasa tersebut. Bagi profesi akuntan publik, merupakan hal yang penting bahwa klien dan pihak-pihak eksternal pengguna laporan keuangan untuk memiliki kepercayaan dalam kualitas audit dan jasa lainnya yang diberikan oleh akuntan publik tersebut. Jika para pengguna jasa tidak memiliki kepercayaan pada para tenaga medis, hakim, atau akuntan publik, maka para professional tersebut akan kehilangan kemampuan untuk melayani klien dan juga masyarakat umum secara efektif. Kepercayaan publik terhadap kualitas jasa professional yang diberikan akan meningkat bila profesi mendorong diterapkannya standar kinerja dan standar perilaku yang tinggi bagi para praktisinya.

  • Perbedaan antara Kantor Akuntan Publik (KAP) dengan Profesional lainnya

KAP memiliki hubungan yang berbeda dengan para pengguna laporan keuangan dibandingkan dengan hubungan mayoritas profesi lainnya terhadap klien mereka. KAP ditugasskan oleh manajemen untuk perusahaan perseorangan, atau oleh komite audit untuk perusahaan publik, dan dibayar oleh perusahaan yang menerbitkan laporan keuangan, namun penerima manfaat utama dari jasa audit tersebut adalah para pengguna laporan keuangan.

Merupakan hal yang penting bagi para pengguna laporan keuangan untuk memandang KAP sebagai pemberi jasa yang kompeten dan objektif. Jika para pengguna yakin bahwa KAP tidak memberikan pelayanan yang bernilai (mengurangi risiko informasi), maka nilai jasa audit atau jasa astetasi lainnya yang diberikan oleh KAP tersebut akan menurun sehingga permintaan akan jasa-jasa tersebut dengan demikian akan menurun. Oleh karena itu, terdapat motivasi yang besar bagi KAP untuk melakukan tingkat profesionalisme yang tinggi.

  • Cara-cara yang Dilakukan Akuntan Publik untuk Berlaku Profesional

Dua faktor penting yang berpengaruh bagi profesi akuntan publik di Indonesia adalah Kode Etik IAPI dan Kementrian Keuangan dan Bapepam LK. Kode etik dimaksudkan untuk memberikan standar perilaku bagi seluruh anggota IAPI. Bapepam-LK berwenang untuk menetapkan standar etika dan independensi bagi para auditor perusahaan publik.

D. KODE ETIK

Kode etik IAPI memberikan standar umum atas perilaku yang ideal dan ketetapan peraturan yang spesifik yang mengatur perilaku. Kode etik tersebut terdiri dari tiga bagian, ditambah sebuah bagian yang berisi definisi-definisi penting, yang meliputi bagian-bagian sebagai berikut :

Bagian  A  : Penerapan umum atas Kode Etik

Bagian  B  : Anggota dalam Praktik Publik

Bagian  C  : Anggota dalam Bisnis

Bagian A mengidentifikasi tanggung jawab bertindak untuk kepentingan publik sebagai unsur pembeda dalam profesi akuntansi. Bagian A juga menetapkan mengenai prinsip-prinsip dasar etika professional bagi para anggota, serta memberikan kerangka konseptual untuk menerapkan prinsip-prinsip tersebut. Bagian B dan C menggambarkan bagaimana kerangka konseptual tersebut diterapkan untuk mengidentifikasi dan mengatasi ancaman dalam situasi-situasi tertentu.

Berikut merupakan cara-cara profesi akuntan dan masyarakat untuk mendorong akuntan publik agar berperilaku profesional:

  1. GAAS dan interpretasi
  2. Pemeriksaan Kantor Akuntan Publik
  3. Pengendalian Mutu
  4. SEC
  5. Kode etik jabatan
  6. Pembagian Kantor Akuntan Publik
  7. Kewajiban hukum Kantor Akuntan Publik
  8. Persyaratan pendidikan lanjutan
  • Prinsip-prinsip Dasar Etika Profesional

Kelima prinsip etika dalam Bagian A kode etik professional dimaksudkan untuk diterapkan pada seluruh anggota dan bukan hanya mereka yang melakukan praktik publik. Kelima prinsip yang harus diterapkan auditor adalah sebagai berikut :

  1. Integritas. Merupakan suatu elemen karakter yang mendasari timbulnya pengakuan profesional dan merupakan kualitas yang mendasari kepercayaan publik dan sebagai patokan bagi anggota dalam menguji semua keputusan yang diambilnya. Integritas mengharuskan para auditor untuk terus terang dan jujur serta melakukan praktik secara adil dan sebenar-benarnya dalam hubungan professional mereka.
  2. Objektivitas. Prinsip ini mengharuskan para auditor untuk bersikap adil, tidak memihak, jujur secara intelektual, tidak berprasangka atau bias, serta bebas dari benturan kepentingan atau berada di bawah pengaruh pihak lain.
  3. Kompetensi professional dan kecermatan. Auditor harus menjaga pengetahuan dan keterampilan professional mereka dalam tingkat yang cukup tinggi, dan tekun dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilan mereka ketika memberikan jasa professional.
  4. Kerahasiaan. Para auditor harus menjaga kerahasiaan informasi yang diperoleh selama tugas professional maupun hubungan dengan klien. Para auditor tidak boleh mengungkapkan informasi yang bersifat rahasia kepada pihak lain tanpa seizin klien mereka, kecuali jika ada kewajiban hukum yang mengharuskan mereka mengungkapkan informasi tersebut.
  5. Perilaku professional. Para professional harus menahan diri dari setiap perilaku yang akan mendiskreditkan profesi mereka, termasuk melakukan kelalaian. Mereka tidak boleh membesar-besarkan kualifikasi ataupun kemampuan mereka, dan tidak boleh membuat perbandingan yang melecehkan atau tidak berdasar pesaing.
  • Prinsip-prinsip Umum

Prinsip-prinsip umum ini akan memberikan dasar untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengatasi ancaman terhadap prisip-prinsip utama.

Ancaman. Umumnya, ancaman muncul akibat dari salah satu sebab berikut :

  • Kepentingan pribadi – ketika kepentingan keuangan dari auditor atau kerabatnya terlibat.
  • Penelaahan pribadi – ketika seorang auditor menelaah suatu situasi yang merupakan konsekuensi penilaian sebelumnya atau nasihat dari auditor atau perusahaan tempat sang auditor kerja.
  • Advokasi – ketika auditor mendukung suatu posisi atau opini yang mengakibatkan berkurangnya objektivitas auditor tersebut.
  • Kesepahaman – ketika seorang auditor menjadi sangat perhatian terhadap kepentingan lain disebabkan karena hubungan dekat dengan pihak tersebut.
  • Intimidasi – ketika tindakan yang dilakukan auditor dapat dinegoisasikan dengan menggunakan ancaman nyata atau ancaman palsu.

Pengamanan. Kode etik mengidentifikasikan dua kategori pengamanan yang mampu mengurangi ancaman sampai pada tingkat yang dapat diterima. Berikut ini adalah hal-hal yang terkait dengan pengamanan:

  • Profesi, legislasi, dan regulasi – mencakup pendidikan, pelatihan dan ketentuan pendidikan professional berkelanjutan, peraturan tata kelola perusahaan, standar profesi, pengawasan hukum atau profesi dan penegakan hukum.
  • Lingkungan kerja – sangat bergantung pada kultur dan proses yang diterapkan pada kantor akuntan publik tersebut.

Resolusi Konflik. Proses penyelesaian konflik etika yang konsisten dengan pendekatan enam lamgkah untuk mengatasi masalah dilema etika. Kode etik itu menyarankan dilakukannya langkah-langkah berikut sebagai bagian dari proses penyelesaian masalah etika.

  1. Fakta-fakta terkait (langkah 1)
  2. Masalah etika yang terkait (langkah 2)
  3. Prinsip-prinsip umum yang terkait dengan masalah yang dipertanyakan, termasuk identifikasi ancaman terhadap prinsip-prinsip tersebut (langkah 1, 2, dan 3)
  4. Melakukan prosedur internal yang mencerminkan pengamanan terhadap ancaman yang telah diidentifikasikan (langkah 1, 2, dan 3)
  5. Alternatif tindakan yang dilakukan (langkah 4 dan 5)

E. INDEPENDENSI 

Independensi dalam audit berarti mengambil sudut pandang yang tidak bias dalam melakukan pengujian audit evaluasi atas hasil pengujian dan penerbitan laporan audit. Independensi merupakan satu dari karakteristik terpenting bagi auditor dan merupakan dsar daari prinsip integritas dan objektivitas. Jika auditor merupakan advokat atau dipengaruhi oleh karyawan atau manajemen klien, maka individu yang berkepentingan tersebut akan memandang auditor tidak memiliki independensi dan objektivitas. Kode etik membahas independensi dalam konteks terbebas dari segala kepentingan yang akan merusak integritas dan objektivitas.

Persyaratan umum bagi independensi auditor melarang auditor untuk terlibat dalam aktivitas audit di suatu entitas bilamana terdapat konflik kepentingan yang belum terselesaikan. Selain itu, para pengguna laporan keuangan juga harus memiliki kepercayaan terhadap independensi auditor. Kedua independensi ini sering disebut independen dalam fakta atau kenyataan dan independen dalam penampilan. Independen dalam fakta muncul ketika secara nyata menjaga sikap objektif selama melakukan audit. Independen dalam penampilan merupakan interprestasi orang lain terhadap independensi auditor tersebut.

Beberapa Ancaman Terhadap Independensi Auditor, Yaitu:

1. Kepemilikan Finansial yang Signifikan

Kepemilikan finansial perusahaan yang diaudit termasuk instrumen utang, modal, dan derivatif. Tidak diizinkan untuk menerima sebuah perusahaan sebagai klien audit jika ada seorang (karib kerabat) yang memiliki proposi kepemilikan yang signifikan di perusahaan tersebut. Pelarangan ini ada dalam bagian B dan C Kode Etik, subbagian 290 113.

Jika ada sebuah KAP, memiliki kepemilikan finansial langsung di klien auditnya, maka ancaman kepentingan pribadi yang muncul akan sangat signifikan, maka tidak ada tindakan pengamanan yang dapat dilakukan untuk menurunkan ancaman tersebut sampai mencapai tingkat yang dapat diterima. Sehingga, melepaskan kepemilikan finansial di klien audit tersebut merupakan satu-satunya tindakan yang paling tepat agar memungkinkan KAP tersebut menjalankan tugas.

Penilaian yang serupa juga dihadirkan dalam subbagian 290.114 terkait dengan kepemilikan tidak langsung, dan subbagian 290.115 tentang pinjaman dari klien yang bukan merupakan institusi keuangan.

Antisipasi terhadap kepemilikan langsung dan tidak langsung yang besarnya signifikan di perusahaan klien dapat berdampak luas pada operasi KAP. Sebagai contoh: jika ada seorang auditor , atau pasangan atau anak dari auditor tersebut (atau orang lain yang secara finansial bergantung pada auditor) memiliki saham yang signifikan besarnya di sebuah perusahaan (termasuk induk atau semua anak perusahaannya), semestinya tidak menerima mengaudit perusahaan tersebut. Perlu dicatat bahwa “seseorang yang menjalankan praktik” tidak hanya mengacu pada pimpinan dalam perusahaan, melainkan juga termasuk setiap konsultan atau mantan pimpinan yang tetap terikat dalam kontrak pemberian jasa konsultasi, setiap pegawai juga terikat dalam pekerjaan profesional yang menjalankan praktik, dan setiap orang yang mendelegasikan pekerjaan profesional.

Standar etika juga melarang auditor menduduki posisi sebagai penasehat, direksi, maupun memiliki saham yang jumlahnya signifikan di perusahaan klien.

  • Direktur, Eksekutif, Manajemen, atau Karyawan dari Sebuah Perusahaan

Jika seorang auditor merupakan penasehat, direksi di perusahaan klien maka kemampuan auditor untuk melakukan evaluasi independen atas kewajaran penyajian laporan keuangan akan mudah dipengaruhi. Meskipun jika memegang satu dari posisi tersebut tidak akan mempengaruhi independensi auditor, keterlibatan yang sering dengan manajemen dan keputusan yang diambilnya akan mempengaruhi persepsi para pengguna laporan keuangan terhadap independensi auditor tersebut. Masalah kepegawaian, jasa yang baru saja diberikan dan bertindak sebagai pegawai di perusahaan klien dibahas dalam Kode Etik subbagian 290.143 – 290.152.

2. Pemberian Jasa Non-Audit kepada Klien

Penelitian dalam profesi akuntan di AS di akhir tahun 1970-an oleh senator Metcalf dan anggota kongres Moss meyimpulkan bahwa jasa manajemen dapat membahayakan kinerja audit independen. Mereka merekomendasikan pembatasan bagi para auditor dalam melakukan jasa manajemen ini. Kode Etik yang membahas isu-isu terkait dengan pemberian jasa non-audit pada kliennya terdapat pada subbagian 290.158 – 290.205.

  • Jasa penilaian

Penilaian memerlukan estimasi atas nilai atau rentang nilai, untu suatu aset, sebuah liabilities atau bisnis itu secara keseluruhan. Hal ini menerapkan metode dan teknik tertentu serta asumsi yang terkait dengan perkembangan di masa mendatang. Ancaman penelaahan pribadi dapat muncul ketika perusahaan melakukan jasa penilaian bagi kliennya, yang mana hasil penilaian ini akan dimasukkan dalam laporan keuangan.

Subbagian 290.176 dari Kode Etik mengindikasikan jika penilaian signifikan terhadap laporan keuangan dan melibatkan tingkat subjektivitas yang besar, ancaman penelaahan pribadi tidak dapat dikurang samapai tingkat yang dapat diterima dengan menerapkan tindakan pengamanan. Subbagian 290.177 dari Kode Etik mengindikasikan bahwa ancaman penelaahan pribadi terhadap penilaian yang kurang signifikan terhadap laporan keuangan, maka jasa penilaian dapat diterima jika tindakan pengamanan berikut dilakukan:

  • Memiliki akuntan profesional tambahan yang bukan merupakan bagian dari tim audit, yang bertugas untuk menelaa pekerjaan yang telah dilakukan atau memberikan masukan apabila diperlukan.
  • Konfirmasi dengan klien audit mengenai pemahaman mereka terhadap asumsi yang mendasari penilaian dan metode yang digunakan serta mendapat persetujuan untuk menggunakannya.
  • Mendapatkan pengakuan dari klien atas tanggung jawab dari hasil pekerjaan yang dilakukan oleh KAP.
  • Menjamin bahwa personil yang memberikan jasa penilaian tidak ikut berpartisipasi dalam kontrak kerja audit.
  • Tingkat pengetahuan klien, pengalaman dan kemampuan untuk mengevaluasi isu yang penting dan tingkat keterlibatan mereka dalam menentukan dan menyetujui hal-hal penting.
  • Untuk penilaian yang melibatkan standar dan metode tertentu, tingkat subjektivitas melekat pada hal yang menjadi perhatian tersebut.
  • Keandalan dan cakupan data.
  • Tingkat independensi atas kejadian di masa mendatang yang akan menimbulkan volatilitas yang melekat dalam jumlah yang terlibat.
  • Cakupan dan kejelasan dalam pengungkapan laporan keuangan.
  • Jasa Audit Internal

Merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari struktur tata kelola perusahaan yang baik. Audit internal menjalankan fungsinya di bawah kebijakan yang ditetapkan oleh dewan direksi dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam memenuhi tanggung jawabnya. Karena itu pemberian jasa audit internal bagi perusahaan klien dapat beresiko terhadap independensi auditor eksternal.

Lingkup dan sifat dari fungsi audit internal berbed dalam setiap organisasi. Ada yang berfungsi sebagai evaluasi sistem dan penelaahan, pemeriksaan informasi keuangan dan operasional, pengkajian ekonomis, efisiensi dan efektivitas kegiatan operasional, termasuk pengendalian non-finansial.

Dan berikut merupakan prinsip auditor eksternal dalam menjalani tugas untuk menunjukkan independensi yang mereka miliki:

  • Auditor eksternal tidak boleh menerima begitu saja peran manajemen ketika memberikan jasa audit internal.
  • Setiap rekomendasi yang diberikan oleh auditor adalah untuk dijalankan oleh manaejmen, bukan untuk auditor.
  • Auditor eksternal tidak boleh menerima kontrak kerja audit internal yang akan menjadikan auditor menjadi bagian dari struktur pengendalian internal klien terkait dengan penyusunan informasi laporan keuangan.
  • Auditor eksternal harus mendapatkan bukti audit yang memadai dengan melakukan prosedur audit yang tepat ketika akan menyusun opini atas laporan keuangan, dan tidak boleh terlalu mengandalkan hasil pekerjaan yang dilakukan oleh rekan kerjanya, dibandingkan dengan hasil pekerjaan yang dilakukan auditor lain.
  • Memberikan Jasa Pembukuan kepada Klien

Menyiapkan pembukuan dan laporan keuangan  bagi klien audit mendapat ancaman penelaahan pribadi yang signifikan. Kode Etik mengizinkan KAP memberikan jasa pembukuan maupun jasa pengauditan bagi perusahaan klien yang bukan merupakan perusahaan publik, sehingga ancaman penelaahan pribadi dapat dikurangi hingga tingkat yang dapat diterima.

Aturan etika secara umum melarang memberika jasa pembukuan pada klien audit, kecuali dalam keadaan darurat. Sedangkan “keadaan darurat” tersebut diartikan dengan siatuasi yang mengakibatkan klien kehilangan hampir seluruh pencatatannya sehingga harus mengandalkan pencatatan auditor eksternal agar membantu klien merekonstruksi pencatatannya. Meskipun terdapat larangan umum, Kode Etik subbagian 290.172 menyatakan bahwa kondisi diberikannya asa pembukuan dan jasa pengauditan baik yang bersift rutin dan insidental pada divisi atau anak perusahaan klien yang merupakan perusahaan publik, tidak akan dianggap mengurangi indpendensi jika kondisi berikut:

  • Jasa yang diberikan tidak melibatkan pemberian pendapat.
  • Divisi atau anak perusahaan yang mendapat jasa tersebut secara kolektif tidak signifikan bagi klien audit, atau jasa yang diberikan secara kolektif tidak signifikan bagi divisi atau anak perusahaan tersebut.
  • Imbalan jasa audit yang diberikan KAP atau jaringan KAP dari jasa tersebut secara kolektif tidak signifikan.

Jika jasa semacam itu diberikan, seluruh tindakan pengamanan berikut harus diterapkan:

  • KAP atau jaringan KAP, harus tidak menerima begitu saja peranan manajemen maupun membuat keputusan manajemen.
  • Klien audit harus menerima tanggung jawab atas hasil pekerjaan.
  • Personel yang memberikan jasa tersebut tidak boleh terlibat dalam pemberian jasa pengauditan.

3. Imbalan Jasa Audit dan Independensi

Landasan alternatif atas kontrak kerja audit dan pembayaran imbalan jasa audit adalah melalui auditor pemerintah atau semi-pemerintah. Hal ini karena cara auditor untuk berkompetisi mendapatkan klien dan menetapkan imbalan jasa audit dapat memberikan implikasi penting bagi kemampuan auditor untuk menjaga independensi auditnya.

  • Ketergantungan pada Imbalan Jasa Audit

Independensi auditor akan diragukan jika jasa audit dari satu klien merupakan bagian yang signifikan dari total pendapatan KAP tersebut (Kode Etik subbagian 290.206 – 207). Secara khusus, auditor harus menghindari ketergantungan ekonomi tanpa batas pada pendapatan setiap klien. Auditor disarankan mampu menunjukkan bahwa ketergantungan ekonomi tidak mengganggu independensi, dengan memastikan imbalan jasa audit dari seorang klien tidak boeh melebihi batas wajar. Ketika bagian besar dari pendapatan masing-masing partner audit berantung pada klien tertentu, KAP harus memastikan bahwa pengendalian mutu yang memadai telah dilakukan dan pekerjaan audit harus diperiksa oleh akuntan profesional yang bukan anggota tim audit.

  • Imbalan Jasa Audit yang Belum Dibayar

Jika ada imbalan jasa audit yang belum dibayar, maka dianggap memiliki karakteristik yang sama seperti pinjaman setelah jatuh tempo dalam periode piutang normal. Pada Kode Etik subbagian 290.208 merekomendasikan bahwa kasus yang melibatkan imbalan jasa audit yang belum dibayar harus didiskusikan dengan komite audit dan pekerjaan audit harus diperiksa oleh akuntan profesional yang bukan anggota tim audit.

  • Penetapan Imbalan Jasa Audit

Imbalan jasa audit atas kontrak kerja audit merefleksikan nilai wajar atas pekerjaan yang telah dilakukan, dengan mempertimbangkan hal berikut:

  • Pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk setiap jenis pekerjaan yang dilakukan.
  • Tingkat pendidikan dan pengalaman personel yang melakukan pekerjaan tersebut.
  • Tingkat tanggung jawab yang terkandung dalam pekerjaan tersebut.
  • Waktu yang dibutuhkan oleh semua personel untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

Hal ini menandakan bahwa jasa audit tidak boleh dilakukan jika imbalan jasa audit yang telah disepakati tersebut belum mempertimbangkan faktor di atas. Dasar penetapan imbalan jasa audit yang telah disepakati harus didokumentasikan dan terkait dengan gambaran kontrak erja serta konsisten dengan praktik industri.

Terkait dengan penetapan imbalan jasa audit, biaya kontinjen, dan penetapan biaya harus berdasarkan hasil akhir dari kontrak kerja dilarang dalam Kode Etik subbagian 290.210-212. Praktik howling juga dilarang. Praktik howling muncul ketika auditor menetapkan imbalan jasa audit yang murah dengan tujuan untuk memenangkan kontrak dan berharap untuk menutup imbalan jasa audit awal dengan memberikan jasa lainnya pada klien atau dengan cara menaikkan imbalan jasa audit di periode mendatang.

Sedangkan biaya kontinjen adalah biaya yang ditetapkan untuk pelaksanaan suatu jasa profesional tanpa adanya fee  yang akan dibebankan, kecuali ada temuan atau hasil tertentu dimana jumlah fee tergantung pada temuan yang tersebut. Fee tidak dianggap kontinjen jika ditetapkan oleh pengadilan atau badan pengatur atau dalam hal perpajakan,jika dasar penetapan adalah hasil penyelesaian hukum. Dan penetapan biaya kontinjen ini tidak diperkenankan untuk anggota KAP. Contoh: Sebuah KAP membuat perjanjian dengan klien untuk membayar honorarium sebesar $5.000 jika dikeluarkan pendapat tanpa kualifikasi dan membayar $2.500 jika dikeluarkan pendapat dengan kualifikasi.

4.Tindakan Hukum antara KAP dan Klien serta Independensi

Ketika terdapat tindakan hukum atau niat untuk memulai tindakan hukum antara sebuah KAP dengan kliennya auditnya, maka kemampuan KAP dan klienya untuk tetap objektif dipertanyakan. Tindakan hukum oleh klien untuk jasa perpajakan atau jasa non-audit lainnya atau tindakan melawan klien maupun KAP oleh pihak lain akan menurunkan indepedensi dalam pekerjaan audit. Pertimbangan utama adalah kemungkinan dampak terhadap kemampuan klien, manajemen, dan personel KAP untuk tetap objektif dan memberikan opini dengan bebas.

5. Pergantian Auditor 

Riset di bidang audit mengindikasikan beragam alasan dimana manajemen dapat memutuskan untuk mengganti auditornya. Misalnya untuk mencari pelayanan dengan kualitas yang lebih baik, opinion shopping, dan mengurangi biaya. Keputusan untuk mengganti auditor dalam rangka mendapatkan akses pada pelayanan jasa yang lebih baik, dengan sendirinya tidak akan mengancam independensi auditor. Perlindungan terbaik bagi auditor terhadap ancaman independensi yang dapat muncul dari pergantian ini adalah komunikasi.

  • Komunikasi antara KAP

Auditor yang baru harus berkomunikasi dengan auditor sebelumnya sebagai bagian dari proses pengambilan keputusan dan memutuskan apakah auditor baru akan menerima suatu penugasan atau tidak. Persoalan utama dalam komunikasi ini adalah informasi yang dapat membantu auditor baru untuk menentukan apakah manajemen klien mempunyai integritas. Izin dari klien harus didapatkan untuk melakukan komunkasi ini, untuk menjaga ketentuan kerahasiaan. Contoh: auditor baru dapat meminta informasi dari auditor lama mengenai ketidaksepakatan dengan manajemen berkenaan dengan prinsip akuntansi dan prosedur audit, dan alasan dilakukannya penggantian auditor.

  • Opinion Shopping

Pasal 230 mengidentifikasikan ketentuan yang harus diikuti ketika KAP diminta oleh suatu klien untuk diaudit oleh KAP lain untuk memberikan opini atas penerapan prinsip akuntansi atau jenis opini audit yang akan dikeluarkan untuk praktik akuntansi yang benar-benar dilakukaan. Praktik semacam ini memiliki implikasi yang jelas pada independensi auditor karena direksi dapat menggunakan kekuasaannya untuk mempengaruhi auditor yang baru, atau membuang mereka kemudian menggantinya dengan auditor baru yang akan memberikan opini yang lebih menguntungkan bagi klien. Hal ini akan membuat auditor lama dan auditor baru menjadi kehilangan independensinya.

Hal yang penting adalah KAP baru harus mendapat persetujuan klien untuk berhubungan dengan KAP lama mengenai permintaan dan pemberian salinan opini audit yang lama. Auditor yang menghadapi permintaan semacam itu harus mempertimbangkan pengaruh potensial terhadap independensi dalam lingkungan dimana permintaan tersebut dibuat, tujuan dan maksud pihak yang meminta informasi tersebut.

  • Pengurangan Biaya

Tidak salah bila manajemen mencoba untuk mendapatkan jasa pengauditan dengan biaya yang lebih rendah atau auditor menawarkan jasa meeka dengan harga yang lebih rendah dibanding KAP lainnya. Hal penting yang harus dilakukan adalah bahwa kompetisi berdasarkan harga ini tidak memicu dilakukannya pengauditan dengan kualitas yang lebih rendah atau membatasi independensi auditor.

F. KETENTUAN BAPEPAM-LK TERKAIT DENGAN INDENPENDENSI AUDITOR

 Nilai pengauditan bergantung pada persepsi publik atas independensi auditor. Alasan banyaknya pengguna laporan keuangan yang bersedia mengandalkan laporan akuntan publik adalah adanya ekspektasi mereka terhadap auditor yang mampu memberikan pendapat yang tidak bias. Bapepam-LK mengadopsi aturan yang memperkuat independensi auditor dengan menerapkan peraturan Sarbanes-Oxley di AS. Peraturan Bapepam-LK membatasi kemungkinan auditor memberikan jasa non-audit pada klien auditnya, dan penggunaan jasa KAP yang lama oleh klien serta mengharuskan adanya rotasi partner audt untuk meningkatkan independensi.

  • Jasa-Jasa Non-audit

Bapepam membatasi tapi tidak sepenuhnya menghapuskan  jenis jasa non-audit yang diberikan pada klien yang merupakan perusahaan publik. Banyak dari jasa non-audit yang dilarang berdasarkan aturan Bapepam-LK terkait dengan independensi. Larangan tersebut:

  • Jasa pembukuan dan jasa akuntansi lainnya
  • Desain sistem informasi keuangan dan implementasinya
  • Penaksiran atau jasa penilaian
  • Jasa aktuaria
  • Jasa audit internal
  • Fungsi manajemen dan sumber daya manusia
  • Jasa pialang atau penasehat investasi atau jasa bankir investasi
  • Jasa hukum dan pakar yang tidak terkait dengan audit
  • Jasa-jasa lain yang tidak diizinkan

KAP tidak dilarang untuk memberikan jasa-jasa tersebut kepada klien yang bukan merupakan perusahaan publik serta pada perusahaan publik yang merupakan klien auditnya. Selain itu, KAP masih boleh memberikan jasa-jasa lain yang tidak dilarang untuk klien audit yang merupakan perusahaan publik. Contoh: Bapepam-LK membolehkan KAP untuk memberikan jasa konsultasi pajak untuk para klien auditnya, kecuali jasa konsultasi pajak untuk para eksekutif perusahaan yang mengawasi pelaporan keuangan, dan jasa penghindaran pengenaan pajak.

  • Komite Audit

Adalah komite di bawah dewan komisaris yang terdiri dari sekurangnya seorang komisaris independen dan para profesional independen dari luar perusahaan, yang tanggung jawabnya termasuk membantu para auditor tetap indepeden dari mnajemen. Komite audit juga dibutuhkan dalam BUMN dan bank. Komite audit terdiri dari tiga , lima, atau tujuh anggota yang bukan merupakan manajemen perusaaan. Pakar auditor bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan semua hal penting yang teridentifikasi selama pengauditan kepada komite audit. Semua persyaratan di atas bertujuan untuk menguatkan independensi auditor dengan secara efisien membuat komite audit sebagai klien bagi perusahaan publik daripada manajemen.

  • Konflik yang Timbul dari Hubungan Kerja

Bekerjanya seseorang bekas anggota tim audit di dalam perusahaan klien audit bisa menimbulkan sejumlah persoalan independen. Bapepam-LK telah menambahkan aturan satu tahun “masa pendinginan” sebelum seseorang bekas anggota tim audit dapat bekerja pada klien di sejumlah posisi kunci manajemen. KAP tidak bisa melanjutkan audit klien, jika ada dari auditor KAP yang bekerja pada klien dan ikut berpartisipasi di dalam berbagai kapasitasnya dalam audit selama satu tahun, sebelum dimulainya proses audit.

  • Rotasi Partner dan KAP

Berdasarkan PMK 17/2008, aturan independensi Bapepam-LK mensyaratkan partner audit untuk merotasi tim audit setelah 3 tahun dan KAP setelah 6 tahun. Bapepam-LK mensyaratkan 3 tahun “rehat” setelah rotasi sebelum mereka bisa kembali bekerja untuk klien audit yang sama.

  • Kepentingan Kepemilikan

Aturan Bapepam-LK tentang hubungan keuangan mengaitkan perspektif kontrak kerja dan melarang kepemilikan dalam klien audit, oleh orang-orang yang bisa mempengaruhi audit tesebut. Aturan itu melarang kepemilikan oleh orang-orang yang terkait audit dan keluarganya. Termasuk (a) anggota tim audit, (b) mereka yang ada dalam posisi bisa mempengaruhi kontrak kerja audit dalam hierarki pimpinan perusahaan, (c) partner dan manajer yang menyediakan jasa non-audit untuk klien, dan (d) partner di dalam kantor yang bertanggung jawab utama untuk melakukan audit.

G. BANTUAN UNTUK MENJAGA INDEPENDENSI DAN INTEGRITAS AUDIT

Profesi dan masyarakat sangat fokus untuk memastikan bahwa (1) para auditor menjaga sebuah sikap yang tidak bias dalam menjalankan tugas (independen dalam kenyataan) dan (2) para pengguna menganggap auditor itu independen (independen dalam penampilan). Berikut ini merupakan bantuan yang diberikan untuk menjaga independensi para auditor, yaitu:

1.Perlindungan Kertas Kerja

Ada tiga hal yang terkait kertas kerja seorang auditor yaitu integritas audit, keuntungan pribadi, dan kerahasiaan klien. Perlindungan kertas kerja ini meliputi larangan dan penolakan akses dari pihak yang tidak berkepentingan terhadap kertas kerja dan menghindari ancaman terhadap integritas audit.

a. Integritas Auditor

Akses untuk mengaudit kertas kerja akan memberikan sebuah kesempatan untuk mengubah informasi di dalam kertas atau mencampuri data uji. Pengetahuan dari aspek terperinci dari progam audit, misalnya kapan pengujian akan dilakukan dan hal-hal apa saja dari pengujian yang akan menjadi target, dapat membuat seseorang melemahkan integritas auditnya.

b. Keuntungan Pribadi

Aktivitas yang tidak dapat diterima seperti praktik insider trading  juga menjadi perhatian yang penting. Para auditor tidak boleh menggunakan informasi rahasia dari klien untuk keuntungan pribadi atau pihak ketiga (Pasal 140 dari Kode Etik).

c. Kerahasiaan Klien

Selama pemeriksaan, aditor mendapatkan informasi rahasia seperti gaji pegawai, harga produk, rencana periklanan, dan data biaya produksi. Jika auditor mengungkapkan informasi kepada pihak luar atau pegawai dari klien yang tidak semestinya mendapat informasi, maka hubungan mereka dengan manajemen bisa menjadi sangat penting. Biasanya kertas kerja auditor dapat diberikan kepada pihak lain hanya dengan seizin klien. Hal ini tetap berlaku, bahkan jika seorang auditor ingin menawarkan jasanya kepada perusahaan lain atau bersedia untuk mengizinkan auditor penggantinya untuk memeriksa kertas kerja yang sudah disiapkan untuk klien yang terdahulu.

d. Pengecualian dari Kerahasiaan

  • Kewajiban hukum

Secara hukum, informasi bisa disebut informasi khusus jika proses hukum tersebut tidak bisa memaksa seseorang menyediakan informasi itu, bahkan jika pemanggilan tertulis dari pengadilan. Informasi yang diinformasikan dari klien kepada pengacara atau dari pasien kepada dokter adalah rahasia. Tapi informasi yang didapat akuntan publik dari klien bukanlah suatu hak istimewa (sangat rahasia). Jika kertas kerja dibutuhkan atau diminta oleh piha regulator yang menjalankan otoritasnya yang sah, maka pihak manajemen dari klien harus segera diberitahu.

  • Review Sejawat

Ketika Kantor Akuntan Publik (KAP) melakukan review sejawat dari kerja pengauditan KAP lain, maka adalah hal yang wajar untuk menguji beberapa beberapa set kertas kerja. Jika review sejawat dilakukan oleh anggota badan profesional lain, izin dari klien untuk melakukan pengujian kerja kerja tidaklah dibutuhkan. Hal ini karena proses mendapatkan izin dari klien membutuhkan waktu yang lama dan menghambat akses dari pelaku review sejawat. Biasanya, pelaku review sejawat harus merahasiakan informasi yang didapatnya dan tidak boleh menggunakan informasi tersebut dengan tujuan lain.

e. Pengunduran Diri

Aturan dari profes adalah auditor harus menjaga hubungan yang tidak bias dengan manajemen dan berbagai pihak yang terpengaruh dengan apa yang menjadi tanggung jawab dari auditor itu. Dalam setiap kontrak kerja, auditor tidak boleh menyepelekan penilaian profesionalnya terhadap penilaian orang lain. Jika terdapat konflik yang cukup besar diantara komunitas keuangan sehingga dapat mempengaruhi objektivitas seorang aditor, maka dipandang perlu bagi auditor untuk mengundurkan diri dari kontrak kerja itu.

  1. Kontrak Kerja dan Pembayaran Imbalan Jasa Audit Oleh Manajemen

Alternatif untuk kontra kerja KAP adalah dengan komite audit dan pembayaran imbalan jasa pengauditan oleh manajemen kemungkinan melalui auditor pemerintah atau semi-pemerintah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s